Pengertian Pengelolaan Informasi
Pengertian
pengelolaan informasi :
”Knowledge is Power”. Pepatah ini sudah sering kita dengar, tapi Bill
Gates ternyata tidak sependapat. Menurut Bill Gates dalam bukunya Business @ the Speed of Thought,
informasi yang di-share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat, karena informasi
ini telah berubah dari informasi pasif (yang hanya berada di kepala
masing-masing orang, ataupun yang tersimpan dalam file) menjadi informasi
aktif, yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan misalnya
bisnis perusahaan. Informasi sudah
menjadi salah satu sumber daya dari sekian banyak sumber daya.
Berikut ini akan
disampaikan beberapa pengertian informasi dari berbagai sumber.
1.
Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System :
Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi
sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan
nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa
depan.
2.
Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and
Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang
menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang
yang menerimanya.
3.
Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control
Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang
menambah pengetahuan bagi penggunanya.
4.
Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting
Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai
kenyataan atau bentuk bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk
pengambilan keputusan bisnis.
Dari keempat
pengertian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan
hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang
menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat
digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
Komentar
Posting Komentar