PELIBATAN KELUARGA PADA PENYELENGGRAAN PENDIDIKAN DI ERA KEKINIAN




PELIBATAN KELUARGA PADA PENYELENGGRAAN PENDIDIKAN DI ERA KEKINIAN


Hasil gambar untuk keluarga
sumber : 

Bagaimana peran keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini? mari kita latih sejak dini.  Mungkin pada usia yang masih balita, anak usia dini belum bisa membaca atau mengerti arti cerita. Namun, sebenarnya pada tahap tersebut anak sudah mulai tertarik dengan buku. Buku adalah sumber utama dalam mengenal suatu huruf, angka dan lainnya. Peran serta orangtua sangat menjadi hal yang paling utama dalam meraih suatu cita – cita anak.
Lalu bagaiamna dengan peran pelibatan keluarga pada penyelenggraan pendidikan di era kekinian saat ini? mari kita jelaskan. Pada era-digitalisasi saat ini adalah masuknya era perkembangan dunia automatisasi untuk menuju suatu revolusi yang baru ditiap tahunnya. Revolusi tersebut tidak lepas dari adanya peran keluarga yang sangat penting dalam mengawasi sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh anak – anak. Keluarga sebagai tempat terpenting dalam mendidik suatu karakteristik anak didalam rumah. Untuk itu, orang tua patut bergegas serta mawas diri menghadapi era yang baru.
Keluarga merupakan suatu tempat dimana ada orang tua yang mendidik, menjaga dan mengawasi serta mengolah suatu tingkah laku kita sebagai anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Keluarga bisa dikatakan wadah pertama anak memperoleh suatu perilaku yang baik dari Ibu dan Bapak. Keluarga mampu menuntun anak menjadikan suatu generasi penerus bangsa yang kompeten dalam merubah atau memperbaiki suatu nasib keturunan. Dimasa pertumbuhan balita, anak- anak, remaja hingga dewasa orang tua menjadi peran yang sangat penting. Peran tersebut terkait dengan pendidikan yang dilakukan oleh setiap anak.
Pendidikan terdiri dari pendidikan akademik dan pendidikan karakter. Pendidikan akademik ialah pendidikan yang dilakukan dari anak tersebut masuk di TK hingga anak tersebut  masuk ke jenjang Universitas. Sedangkan pendidikan karakter ialah pendidikan yang akan diajarkan selama anak tersebut berada dirumah ataupun berada disekolah akan diajarkann suatu karakteristik yang baik serta disiplin pada suatu anak. Agar menjadi suatu kebiasaan yang akan terbawa hingga dewasa serta ke jenjang pekerjaan.
Era kekinian pada saat ini sudah berkembang pesat khususnya dalam dunia Digitalisasi. Dengan masuknya era kekinian banyak individu memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan suatu keuntungan.  Keuntungan tersebut dapat menjadi hal berpengaruh negatif ataupun positif. Keuntungan yang positif yang didapat pada era saat ini ialah kemudahan dalam media pembelajaran dengan menggunakan metode E-learning atau Video Conference. Yang memanfaatkan suatu media online menjadi media interaktif dalam pola belajar saat ini. Pola pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas oleh waktu serta sarana dan prasarana. Namun, untuk perkembangan media online saat ini harus di perhatikan oleh orang tua karna banyak hal yang berpengaruh negatif yang memanfaatkan suatu kondisi yang menjadi kesempatan bagi orang yang berniat negatif.
Adanya perlibatan keluarga dalam mengevaluasi sistem akademik yang dialami anak. Menjadi hal yang paling utama dalam mengawasi perkembangan kemajuan anak. Pendidikan saat ini ada pengaruh negatif yang masuk karna banyak orang yang melakukan penyelewengan terhadap suatu antusiasme digital. Banyak peran yang tidak patut didapat anak karna adanya pengaruh ataupun niat jahat dari dalam ataupun dari luar. Saat ini, sudah banyak anak yang medapatkan kejahatan dan lainnya. Penyelenggaraan pendidikan yang kekinian saat ini sangat dibutuhkan keluarga untuk menjaga anak dari pengaruh negatif. Untuk menuju kemajuan yang positif yang menghasilkan keuntungan. Pada masa ini, dikenal dengan masa kaum millenial, kaum milenial merupakan pengaruh baru anak yang mengubah suatu evolusi gaya individu kearah yang lebih mengenal dunia digital dibandingkan dunia buku. Dunia buku saat ini sudah sangat minim sekali peminatnya. Dunia buku menjadi titik berat bagi suatu anak. karna belum adanya perubahan atau tata cara mengolah suatu pendidikan yang baik dan benar. Revolusi yang terjadi saat ini menjadi peran utama bagaimana generasi penerus dalam mengembangkan suatu bangsa ini. Revolusi yang akan merubah suatu bangsa ke jenjang yang modern memanfaatkan suatu keadaan dan teknologi yang ada meningkatkan kinerja ke arah yang lebih positif.
Untuk itu, majunya pendidikan yang baik, disertai oleh orangtua yang mengawasi dan menjaga tingkah laku anak di era kekinian ini, untuk menghasilkan generasi muda yang sangat penting dalam peningkatan kemajuan bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai generasi penerus yang kreatif dalam mengelola bangsa dan negara. Agar menuju ke tujuan yang positif. Untuk mengisi suatu  kemerdekaan adalah bangsa yang selalu berperan belajar sungguh – sungguh untuk mencapai suau tujuan bangsa.

#sahabatkeluarga

Komentar

Postingan Populer